4 Perbandingan Debut Egy Maulana dan Takefusa Kubo

August 1, 2019 | By eddye | Filed in: Lain Lain.

Wonderkid Real Madrid, Takefusa Kubo telah mencatatkan debut pertamanya ketika melawan Bayern Munchen pada ajang Internasional Champions Cup, di NRG Stadium, Amerika, Sabtu (21/7) pagi WIB. Kubo pada laga itu bermain sepanjang babak kedua. Bola Nusantara coba mengulas perbandingan debut keduanya.

Kubo didatangkan Real Madrid dengan kontrak berdurasi enam tahun. Dilansir dari laman Football Espana, Madrid harus merogoh kocek sebanyak dua juta euro untuk mendapatkan jasa pemain FC Tokyo tersebut.

Nantinya, Kubo akan bermain untuk memperkuat Real Madrid Castilla pada musim depan. Real Madrid Castilla merupakan klub cadangan Los Blancos yang bersaing di Segunda Division (kasta kedua Liga Spanyol).

Jika dilihat situasi ini mirip dengan pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri saat didatangkan oleh Lechia Gdansk. Sebab, Egy lebih banyak berlaga bersama Lechia Gdansk II ketimbang tim utama.

Rapor Egy pada musim pertamanya tercatat hanya bermain dalam tiga pertandingan bersama tim utama. Namun, Pada musim pertamanya juga, Egy Maulana ikut menjadi bagian dalam skuat Lechia Gdansk yang menjuarai Polish Cup 2019/19. Di partai final, Lechia Gdansk menang 1-0 atas Jagiellonia Bialystok.

Egy dan Kubo juga memiliki julukkan yang sama yakni Titisan Messi. Keduanya juga pernah bertemu ketika membela tim nasional masing-masing.

Saat itu Kubo memperkuat Jepang U-19 untuk menghadapi Timnas Indonesia U-19 yang diperkuat Egy Maulana di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada perempatfinal Piala Asia U-19 2018.

Pada saat itu, Timnas Jepang U-19 berhasil mengalahkan Timnas Indonesia U-19 dengan skor akhir 2-0. Gol Samurai Biru dicetak oleh Shunki Higashi pada menit ke-40 dan Taisei Miyashiro pada menit ke-70.

Terkait kesamaan ini, Bola Nusantara mencoba membandingkan fakta-fakta yang tercipta antara Egy Maulana dan Takefusa Kubo ketika melakukan debutnya di Eropa:

  1. Menanti Debut, Kubo Lebih Cepat Ketimbang Egy

Takefusa Kubo didatangkan Real Madrid pada 14 Juni 2019. Kepastian itu didapat setelah Los Blancos mengumumkan secara resmi lewat website resminya.

Tak butuh waktu lama bagi Kubo untuk mencatatkan debut perdana bersama Real Madrid di pramusim. Ya, Kubo hanya membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk bisa menorehkan debut perdana dengan Los Galacitos.

Sementara Egy Maulana diperkenalkan Lechia Gdansk sebagai rekrutan anyar pada 11 Maret 2018. Namun dia baru mendapatkan kontrak resmi pada 10 Juli tepat dihari ulang tahunnya.

Egy menjalani debut berseragam Lechia Gdansk pada laga uji coba melawan juara Liga Siprus, APOEL Nicosia di di Boisko sportowe przy ulicy Traugutta, Gdansk, Minggu (24/6). Pada laga tersebut, Lechia kalah 1-2.

Egy Maulana tampil 15 menit, tapi gagal membantu Lechia mengatasi ketertinggalan. Jika dihitung dari durasi waktu, harus menunggu selama dua bulan lebih untuk debut dengan Lechia Gdansk.

Seementara Egy harus menunggu selama lima bulan untuk bisa melakoni debut resmi di Liga Polandia. Itu dia lakukan saat turun pada menit ke-82 ketika Lechia Gdansk sudah menang telak 4-0 atas Gornik Zabre.

Nah kira-kira apakah Kubo bisa lebih cepat melakoni debut bersama Real Madrid di La Liga? Menarik ditunggu

  1. Debut Mengecewakan Kubo & Egy

Kubo dan Egy sama-sama memiliki debut yang mengecewakan bersama timnya masing-masing. Kubo harus menerima kenyataan Real Madrid takluk 1-3 dari Bayern Munchen pada ajang ICC 2019.

Pada laga itu, Kubo bermain pada babak kedua menggantikan Toni Kroos. Namun kehadiran Samurai Muda itu gagal membawa Real Madrid menang. Gawang Madrid harus bobol tiga kali lewat gol, Tolisso (15′), Robert Lewandowski (67′) dan Serge Gnabry (69). Adapun Madrid hanya bisa membalas lewat gol Rodrygo (84′).

Sementara itu Egy Maulana juga mencatatkan debut kurang mengenakan pada laga uji coba melawan APOEL Nicosia. Pada laga tersebut Egy bermain selama 15 menit dan Lechia Gdansk takluk 1-2 dari Apoel.

  1. Debut Berujung Pujian dari Pelatih

Kendati tak meraih kemenangan pada laga debut, Kubo dan Egy sama-sama mendapatkan pujian terhadap performanya. Kubo yang tampil selama 45 menit sukses membuat Zinedine Zidane terpukau.

“Saya yakin dia akan menjadi penting bagi Real Madrid. Dia menghadapi beban kerja dengan baik. Dia masih muda, tetapi rasanya sudah bersama kami sejak lama,” kata Zidane.

Setali tiga uang, Egy juga mendapatkan komentar baik dari pelatih Lechia Gdansk, Piotr Stokowiec. Sang pelatih menyebut performa Egy cukup baik untuk pemain seusianya.

“”Egy layak menjalani debut. Segala sesuatunya berjalan dengan baik. Egy telah menantikan kesempatan.

  1. Komentar Sang Pemain, Kubo Kecewa, Egy Grogi

Kubo dan Egy Mualana sama-sama angkat suara soal debutnya bersama klubnya masing-masing. Kubo mengaku kecewa dengan kekalahan telak 1-3 dari Bayern Munchen walau hanya ajang pramusim.

“Kami kalah pada pertandingan pertama dan saya tidak bahagia dengan itu. Namun saya sangat senang bisa membuat debut bersama Real Madrid,” kata Kubo dilansir laman resmi klub.

Sedangkan Egy Maulana merasa gugup ketika berhasil mencatatkan debut perdana di Liga Ekstraklaksa. Ya, pemain berusia 18 tahun itu bermain saat Lechia Gdansk sudah unggul 4-0 atas Gornik Zabrze di Stadion Energa Gdansk, Minggu (23/12/2018) dini hari WIB

Egy Maulana masuk ke lapangan pada menit ke-82, menggantikan Lukas Haraslin. Kendati cuma delapan menit, Egy sangat puas dengan kesempatan tersebut.

Pemain jebolan SSB Ragunan itu mengaku sangat grogi tampil di tim utama. Pasalnya, Egy sudah menunggu kesempatan itu sejak pertama kali datang ke Lechia Gdansk.

“Saya tidak akan menyembunyikan, saya gugup, tetapi dalam pertemuan berikutnya saya akan dapat lebih mengontrol situasi,” kata Egy Maulana, dikutip dari WP Sportowe Fakty.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *