Tips Meningkatkan Sistem Imun Anak

September 20, 2019 | By eddye | Filed in: Kesehatan.

 

Sebenarnya, setiap hari anak Anda sering sekali terpapar virus dan bakteri. Beberapa mungkin juga ada yang bersarang di tubuh si kecil dan menjadi penyakit. Ketika si kecil terkena penyakit, itu merupakan salah satu cara untuk memperkuat sistem imun si kecil. Selain sistem imun bisa kebal dengan sendirinya, berikut tips untuk Anda mengenai cara untuk meningkatkan sistem imun anak.

Berikan ASI pada si kecil

ASI ekslusif wajib diberikan pada si keci untuk meningkatkan sistem imunnya. ASI mengandung antibodi dan sel darah putih yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun anak. ASI dapat mencegah anak terkena penyakit alergi, diare, infeksi, hingga flu. Jika anak terkena flu sebaiknya diberi Obat pilek untuk bayi yang aman.

Jangan jadikan si kecil perokok pasif

Hindarkan si kecil dari paparan asap rokok para perokok aktif. Jagalah lingkungan anak menjadi lingkungan yang bebas dari asap rokok. Rokok mengandung lebih dari 4000 jenis racun yang dapat merusak sel tubuh jika asapnya terhisap. Perokok aktif akan menghisap asap yang telah terfilter, namun perokok pasif akan menghirup asap yang tidak difilter. Itulah mengapa perokok pasif lebih berbahaya.

Konsumsi buah dan sayuran

Sayur-sayuran serta buah-buahan mengandung serat dan vitamin yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh terutama tubuh anak-anak. Biasakan anak untuk rutin mengkonsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran memiliki peran yang penting untuk produksi sel darah putih dan pembentukan antibodi pada tubuh anak.

Istirahat yang cukup

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang beristirahat tidak teratur dan tidak cukup akan mudah terserang penyakit. Hal tersebut disebabkan oleh sel alami yang mampu melawan virus menjadi lemah. Padahal sel tersebut sangat dibutuhkan untuk melawan virus dan penyakit.

Lindungi anak dari penyebaran bakteri

Meskipun cara ini bukan cara untuk meningkatkan sistem imun, namun cara ini merupakan salah satu cara untuk menjaga kualitas imun anak. Anda harus memastikan anak Anda berada di lingkungan yang bersih. Pastikan peralatan makan serta mainan anak dalam keadaan bersih. Hindarkan juga anak dari benda berbahaya seperti api. Jika anak terkena api kunjungi https://www.guesehat.com/penanganan-tepat-ketika-kulit-terbakar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *